Selasa, 25 Juni 2013

[Tutorial] Fabric covered box - Kotak stationery

Assalamualaikum, 

Hai hai, akhirnya nyempetin juga untuk membuat tutorial dadakan, hehehe. Hari ini saya akan sharing bagaimana cara membuat kotak kecil serbaguna dari bahan kotak yang sudah tidak terpakai. Ceritanya go green niih, wihiiy ... 

Penampakan akhirnya akan seperti ini (award tidak termasuk, hehehe)

Jadi, saya sebenarnya memang lagi butuh tempat untuk nempatin Shirt Marker saya yang belum berumah yang berantakan di meja jahit saya, hehehe. Akhirnya dengan keniatan saya akhirnya saya me-makeover kotak bekas (entah apa) yang saya temukan di gudang untuk merumahkan alat-alat gambar saya ini :D

Yang saya butuhkan adalah sebagai berikut :

1. Kotak bekas, kalau saya pakai kotak berukuran 13x12x9 cm (seperti saya bilang sebelumnya, saya nggak tau itu kotak bekas apa, hahaha)
2. Kertas agak tebal, saya pakai kertas kalender yang sudah tidak terpakai
2. Lem, saya pakai 2 macam lem, lem serbaguna UHU dan Lem Fox putih (kebetulan saya beli yang refill dan saya taruh di tempat bekas kosmetik, hehehe)
3. Gunting (kalau bisa gunting kertas dan gunting kain ya, biar gak sama-sama bujel)
4. Alat tulis, bisa spidol, bisa kapur kain, bisa pensil, up to you, yang penting bisa diaplikasikan di kain atau di kertas
5. Cutter
6. 2 macam kain katun, motif dan polos 
7. Ini yang pasti, KENIATAN, hahaha

Jadi mari kita mulai ;)
Klik untuk memperbesar :)
  1. Buka jaring-jaring kotak awal dan kemudian potong lurus menggunakan cutter bagian atas kotak, berjarak 1 cm di bagian paling atas kotak (panah merah), jadi hilangkan bagian tutup kotak, karena disini kita tidak membutuhkannya :)
  2. Potong kain katun bermotif seukuran dengan masing-masing sisi kotak (saya buat ukurannya sama semua, biar praktis, ambil ukuran paling besar dan tambahkan 1 cm dari masing masing sisi kotak :))
  3. Mari kita mulai tempel-tempel, gabungkan kembali jaring-jaring kotak menggunakan lem UHU, lalu balurkan lem kayu putih di masing-masing bagian sisi untuk menempelkan kain katun.
  4. Ini penampakan kotak yang sudah ditempel kain katun bagian kiri dan kanan, kalau dilihat memang bagian samping-sampingnya akan lebih melebar, karena ukuran potongannya sama dengan yang di tengah :) Setelah itu lanjutkan lem yang bagian yang belum ditutupi
  5. Siapkan kertas kalender/karton tebal, ukur bagian dalam kotak, itu perhitungan saya, bisa berubah-ubah tergantung besar kotak yang teman-teman persiapkan, dan juga kalau istilahnya itu allowance ada yang harus diperkecil atau diperbesar. Oh ya, ada 5 bagian yaitu 2 Lebar, 2 Panjang, dan 1 bagian bawah dalam kotak. Gunting masing-masing kertas tersebut.
  6. Gunting kain katun polos  dengan jarak masing-masing 1 cm dari sisi kotak yang sudah digunting lalu kemudian lem menggunakan lem kayu putih dengan rapi. Proses selanjutnya tinggal di masukkan saja ke dalam bagian dalam kotak dengan di lem dengan lem serbaguna (UHU) 
  7. And viola ... jadilah kotak tempat pensil yang berlapis kain katun :)

Ki-ka : Tampak jadi ; bagian dalam ; yang sudah diletakkan alat2 tulisnya ; bagian bawah yang ditutupi dengan kain katun juga :)
Gampang kan ? Selamat mencoba ;) 

Tidak ada komentar: